Cerita di Balik Sukses Seorang Massimiliano Allegri
sumber: givemesport.com

Cerita di Balik Sukses Seorang Massimiliano Allegri

33 kali dilihat

BOLAMEDIA -Keberhasilan Juventus menjuarai scudetto delapan musim berturut-turut mungkin tidak bisa lepas dari sang mantan pelatih, Massimiliano Allegri. Mantan pelatih Juventus yang kini berusia 51 tahun ini ternyata punya satu sisi menarik yang jarang diketahui banyak orang. Kira-kira apa ya?

Allegri Pelatih Cerdas yang Pernah Dimiliki Juventus

Dulu Juventus pernah bangkit dari keterpurukan berkat tangan dingin Antonio Conte. Selepas ditinggal Conte, banyak yang bertanya-tanya apakah kesuksesan Conte dapat berlanjut. Allegri menjawab pertanyaan tersebut.

Dengan kecerdasan tinggi yang dimilikinya, Allegri mampu meramu taktik paling pas untuk Juventus. Skema 3-5-2 peninggalan Conte sukses diubahnya menjadi berbagai strategi, mulai dari 4-3-1-2, 4-2-3-1, hingga 4-3-3. Ya, Juventus menjadi berbeda dan makin inovatif dalam permainan.

Kesuksesan Allegri Membawa Juventus Menjadi Raja Italia

Allegri juga sangat disegani karena kecerdasannya dalam membangun tim. Dialansir dari Sportmediaset, Dia tercatat sebagai pelatih dengan presentase tertinggi di Juventus, yaitu sebesar 70,4 persen. Bukti bahwa kejeniusan pelatih ini sangat tidak main-main.

Baca Juga:  Joao Felix, Talenta Muda Portugal Setelah Cristiano Ronaldo

Kalau Conte bisa memberikan tiga gelar scudetto untuk Juventus, maka Allgeri mampu meneruskannya dengan lima gelar scudetto berturut-turut. Juventus pun menjelma menjadi klub besar Italia yang benar-benar bangun dari “tidur” selepas skandal calciopoli tahun 2006.

Meski Terkesan Serius dan Cerdas, Allegri Orang yang Humoris

Bagi para pemain yang dulu pernah berada di bawah asuhan Allegri, sosok Allegri bukan hanya pelatih biasa. Pemain belajar untuk menangkap dengan cepat apa mau Allegri. Allegri digambarkan sebagai pelatih yang taktis, luwes, dan tegas.

Baca Juga:  Aaron Ramsey Resmi Berseragam Juventus

Meski begitu, ternyata tidak banyak yang tahu kalau Allegri adalah sosok yang sangat humoris. Dia bisa bercanda sesuka hati pada para pemainnya saat istirahat latihan. Hal ini dipertegas oleh Pjanic dalam majalah Vanity Fair. Menurut Pjanic, Allegri kerap melontarkan kata-kata datar yang mungkin buat dirinya tak lucu, tetapi bisa membuat seluruh pemain tertawa. “Allegri sangat jenaka meski dia sendiri tak menyadarinya. Lucu sekali,” tutur Pjanic.

Selepas kepergian Allegri musim lalu, beberapa pemain Juventus tentu merasa kehilangan. Semoga apa yang diwariskan Allegri masih bisa dipertahankan hingga sekarang meski dengan pelatih baru.

Bagikan artikel ini
Sembunyikan menu